Translate

Resep Mudah Membuat Kimchi Super Enak

Resep kimchi  ini bahan utamanya menggunakan sawi putih dan menggunakan bubur tepung untuk campuran pasta cabe. Sedangkan resep kimchi praktis bahan bakunya bisa diganti kol biasa dan tidak ada proses membuat bubur tepung. Menurut beberapa sumber, bubur tepung bisa juga diganti dengan jus pear dan apel.
Resep Mudah Membuat Kimchi Super Enak
 
Berikut bahan-bahan yang digunakan:

2 kg sawi putih
1/2 cangkir garam
Untuk bubur:
1-2 sdm tepung beras ketan
3/4 cangkir air putih
1 sdm gula

Untuk bumbu pasta:
1/2 cangkir cabe kering bubuk
1/4 cangkir kecap ikan, kami menggunakan kecap rasa cumi-cumi, resep asli selain menggunakan kecap ikan juga ditambah cumi-cumi mentah
1/2 siung bawang bombay/ 1 siung yang ukurannya kecil
6 siung bawang putih
1 ruas jahe
1-2 wortel diiris korek api
2 bawang daun diiris
Cara membuatnya:
Sawi dipotong-potong, bagian tangkai dipotong lebih kecil dibandingkan bagian daunnya. Setelah itu direndam dan didiamkan beberapa saat. Perendaman dengan air akan mempermudah proses pengasinan sawi pada tahap selanjutnya. Sawi bisa juga dibiarkan tanpa dipotong, langsung diberi garam keseluruh permukaan luar maupun dalam. Untuk cara ini, garam yang digunakan lebih banyak dan lebih lama waktu inkubasinya.
Setelah direndam dalam air, tiriskan sawi kemudian pindahkan ke dalam wadah yang kering, Taburi sawi dengan garam secara merata. Diamkan selama kurang lebih 1,5 jam. Aduk-aduk setiap 30 menit sekalli. Jika garam belum meresap dan rasanya masih kurang asin diamkan lebih lama.
Aduk rata semua bahan bubur tepung dalam sebuah panci. Nyalakan api dan didihkan sambil terus diaduk. Setelah mendidih dan adonan mengental, angkat kemudian dinginkan.
·         Siapkan bumbu-bumbu, iris wortel dan bawang daun.
·         Setelah mendidih dan adonan mengental, angkat kemudian dinginkan.
·         Siapkan bumbu-bumbu, iris wortel dan bawang daun.
·         Haluskan/blender bawang bombay, bawang putih, jahe dan kecap ikan.
·         Campurkan bubur tepung yang sudah dingin dengan bumbu halus dan cabe bubuk sampai membentuk pasta.
·         Aduk bumbu pasta bersama dengan irisan wortel dan bawang daun.Setelah 1,5 jam, sawi akan asin dan berair. Buang airnya, kemudian cuci bersih sawi hingga 3 kali bilasan Dalam wadah kering yang bersih, campurkan pasta cabe dan sawi sedikit demi sedikit.
Setelah semua teraduk rata, kimchi bisa langsung disantap atau dikemas dalam wadah plastik/gelas. Usahakan kemasannya padat, tidak ada rongga udara.
Untuk proses pengasaman/fermentasi, diamkan kimchi selama 1-2 hari pada suhu  ruang. Proses fermentasi di suhu dingin akan berlangsung sangat lambat.

Anda sedang membaca artikel tentang Resep Mudah Membuat Kimchi Super Enak, Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy - paste artikel di atas jika memang sangat bermanfaat bagi anda.. Dengan syarat anda harus meletakkan link di bawah ini sebagai sumbernya..