Translate

GAYA HIDUP PARA PELAJAR Cenderung Memicu Penyakit Kanker

JAKARTA–Gaya hidup para pelajar yang tidak sehat bisa membuat mereka mudah terserang penyakit, salah satunya kanker.


Ilustrasi/Myhealthnewsdaily

Merokok, jajan kue sembarangan, makan makanan yang tidak bergizi, sampai dengan membuang sampah tidak pada tempatnya, merupakan pemandangan sehari-hari dari gaya hidup para remaja.
“Perilaku gaya hidup seperti itu, bisa membuat seseorang mudah terserang penyakit kanker,” kata Prof. Nila Juwita Anfasa Moeloek, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Jumat (22/2), pada kegiatan sosialisasi bertema Hilangkan mitos penyakit kanker, dan dapatkan fakta, di SMAN 24 Jakarta.
Untuk itu, katanya, para pelajar harus bisa mengubah gaya hidupnya ke arah yang lebih sehat.
“Jangan tunggu sakit dulu, baru peduli pada kesehatan. Kebiasaan ini harus dimulai sejak dini dari anak-anak,” ungkapnya di hadapan ratusan pelajar dalam rangkaian Peringatan Hari Kanker Sedunia 2013.
Staf Khusus Presiden bidang MDG’s ini, juga menuturkan bahwa gaya hidup tidak sehat yang masih banyak diterapkan masyarakat, bisa memicu timbulnya berbagai penyakit, tak terkecuali penyakit kanker.
Banyak jajanan tidak sehat yang dikonsumsi anak-anak bersifat karsinogen, yaitu dapat memicu sel-sel menjadi kanker.
Seseorang yang biasa merokok, ujarnya, dapat terserang kanker paru. Bagi yang menggunakan produk kometika yang tidak aman, bisa menyebabkan kanker kulit karena menggunakan produk yang tidak aman.
“Kanker hati bisa timbul akibat sering konsumsi minuman beralkohol. Belum lagi jenis kanker lainnya yang didapat dari jajan sembarang,” ungkapnya.
Dia mengatakan membuang sampah di tempat sembarang atau di sungai, selain menyebabkan banjir, juga berdampak pada munculnya berbagai penyakit kulit, yang jika tidak ditangani dengan baik, bisa menimbulkan kanker kulit.
Untuk itu, lanjutnya, tidak merokok, melakukan olahraga teratur, tidak minum alkohol, dan membentuk kebiasaan makan dengan asupan nutrisi yang sehat, dapat mencegah seseorang dari munculnya penyakit.
Dia berharap melalui edukasi kanker di sekolah, dapat menurunkan tingkat kematian dini akibat kanker dan penyakit tidak menular lainnya. Meluasnya pengetahuan yang benar, berikut tumbuhnya kesadaran untuk bersikap antisipatif terhadap kanker, akan membawa perubahan ke arah kondisi yang lebih baik.
“Kita harus mulai peduli. Apalagi di zaman canggih sekarang ini, harus banyak mencari informasi. Memperbaiki kebiasaan makan sehat, dan meningkatkan aktifitas fisik, dan menjaga berat badan ideal, dapat mencegah sekitar sepertiga dari penyakit kanker yang paling umum terjadi, ” papar Nila. (Kabar24/aw)

Sumber : http://www.kabar24.com/index.php/gaya-hidup-para-pelajar-cenderung-memicu-penyakit-kanker/




Anda sedang membaca artikel tentang GAYA HIDUP PARA PELAJAR Cenderung Memicu Penyakit Kanker, Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy - paste artikel di atas jika memang sangat bermanfaat bagi anda.. Dengan syarat anda harus meletakkan link di bawah ini sebagai sumbernya..